Saturday, 22 September 2012

Perangkat Input dan Output Device pada komputer

A.  Pengartian perangkat Input 

                   Perangkat input adalah  perangkat  yang  dapat  memasukan data  dan  perintah  kepada komputer  untuk  kebutuhan  lebih  lanjut.  Input   juga   dibagi  dua  yaitu  input  sinyal , dan  maintenance . input  sinyal adalah  data  atau  program  yang  dimasukan  kedalam  sistem  komputer . sedangkan  maintenance  adalah  program  yang  digunakan  untuk  mengolah  data   input  sinyal.

 Macam-macam perangkat Input :

1. KeyBoard

          merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

          Keyboard bekerja sebagai input device. Keycaps atau yang lebih dikenal dengan tombol berada dibarisan terdepan fungsional keyboard, melalui keykaps ini pengguna memasukan input-an–biasa dikenal dengan keystroke.

          Keyboard memiliki beragam manufaktur, dan maka dari itu ia juga memiliki beragam metode penyampaian input. Umumnya pada saat tombol diketikkan–input, tombol yang terketik telah terselaraskan dengan papan key matrix–beberapa manufaktur menggunakan karet, dan beragam bahan lainnya, dimana key matrix tersebut terdiri atas character map. Untuk selanjutnya informasi tersebut dibawa untuk dikenali oleh processor. Processor memutuskan apakah itu sebuah ketikan karakter alphabeth, karakter unicode–dari beragam bahasa seperti: Thai; Chinese; Korean; ataupun Japanese; atau bisa jadi berupa shortcuts yang berlaku pada aplikasi tertentu.



2. Mouse 

          Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain Key board. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

          Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang dikenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.

          Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.


3. Scanner

        Scanner   adalah  suatu  alat   elektronik  yang   fungsinya  mirip dengan mesin  fotokopi.  Mesin  fotocopy hasilnya dapat   langsung kamu  lihat  pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat  dirubah dan dimodifikasi  sehingga  tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

          Scanner yaitu alat yang dapat menghasilkan salinan sebuah image yang berupa gambar (objek) atau teks disimpan dalam sebuah file yang berekstensi bmp, jpg dan doc. Scanner sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar atau foto Hasil kopian dari scanner dapat diolah atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan suatu image dapat berupa: gambar, foto, grafis dan teks yang dapat diolah dengan aplikasi pengolah gambar misalnya: Deluxe Photo Studio, Photo Shop, Corel Draw, PageMarker dan ArcShop Photo Studio dan lain-lain.
          Jenis lain dari scanner adalah Optical Mark Reader (OMR) yang biasanya digunakan untuk membaca dokumen. OMR banyak digunakan untuk memriksa hasil ujian ataupun pada saat penerimaan mahasiswa baru. OMR akan membaca mark (tanda) yang diberikan pada lembar kertas. Tanda ini biasanya dibuat dengan menggunakan pensil 2B. Dengan menentukan posisi baris dan kolom pada kertas yang bersangkutan, dan kemudian dikonversikan pada tabel yang dimiliki, maka OMR bisa mengetahui jawaban yang diberikan salah atau benar


4. Joystick

          Joystick adalah Perangkat Input komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini fungsinya hampir sama dengan mouse namun umumnya joystick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan video Game yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

          Joystick telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).


B. Pengatrian Perangkat Output

           Perangkat output adalah perangkat yang mengeluarkan data , program , atau yang lain sebagainya .

Macam-macam Perangkat Output :


1. Monitor

          Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kitaketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut jugadengan Visual Display Unit (VDU) Media output untuk menampilkan/memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia.  
          Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.


2. Printer
   

          Printer Alat pencetak. Istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau gambar ke suatu media (seperti kertas). Printer mempunyai satuan kecepatan yaitu CPS ( character per second ) , LPM ( line per minute ) , atau PPM ( pages per minute ). Printer ada yang dapat mencetak dalam warna dan ada yg tidak .



3. Dot matrix Printer

           Dot Matrix Printer adalah jenis printer komputer dengan kepala cetak yang berjalan bolak-balik, atau dalam gerakan naik dan turun, pada halaman dan mencetak oleh dampak, mencolok sebuah pita tinta kain direndam terhadap-kertas , seperti mekanisme cetak pada mesin tik . Namun, tidak seperti mesin tik atau printer daisy wheel , surat ditarik keluar dari dot matrix , dan dengan demikian, font bervariasi dan grafis sewenang-wenang dapat diproduksi. Karena pencetakan melibatkan tekanan mekanik, printer ini dapat membuat salinan karbon dan salinan carbonless . Kecepatannya pencetakan bervariasi dari 50 sampai 500 cps.


          Prinsip kerja dot matrik disini menggunakan proses scanning kolom. Scanning kolom adalah memberikan data pada masing-masing kolom secara bergantian.


4. Lasser Printer

           Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.


5. Inkjet Printer
   
        
          Inkjet Printer adalah jenis pencetakan komputer yang menciptakan gambar digital dengan mendorong tetesan tinta ke kertas. Printer inkjet adalah jenis yang paling umum digunakan dari printer. biasanya yang sering ada di warnet-warnet.



-Andhika Andriantama-

No comments:

Post a Comment